Tiga Pilar Aksi KNPI

Sumedang, (19/07/11);-
Terkait dengan fungsi dan peran KNPI dalam konteks kehidupan sosial, budaya dan politik masyarakat di Kabupaten Sumedang, maka kami merumuskannya dalam tiga pilar aksi, yaitu:

 1. Paradigma religius.
 2. Paradigma aksi.
 3. Paradigma sosial.

Hal demikian yang diutarakan Ketua DPD KNPI Kab. Sumedang, Arief Rangga Gumilang, dalam pers realease acara Pengukuhan Pengurus DPD KNPI Kab. Sumedang Periode 2011-2014.

Menurut Arief, melalui tiga pilar ini DPD KNPI Kab. Sumedang ingin mengoptimalkan KNPI sebagai katalisator bagi tumbuh kembangnya dinamika kehidupan pemuda di Kabupaten Sumedang yang demokratis, dinamis, penuh dengan kreatifitas dan berkelanjutan. Setelah pada periode kepengurusan sebelumnya kami nilai proses pemberdayaan potensi pemuda sangat stagnan.

Dalam konteks fungsi siosial kemasyarakatan Arief mengatakan, "Mencoba memformulasikan KNPI menjadi organisasi yang bisa menstimulus pemuda untuk bisa mengoptimalkan segenap potensi dalam kerangka penunaian fungsi dan tanggung jawab sosialnya. Menuju terciptanya konstruksi kehidupan masyarakat yang bercita rasa keadilan dan menuju pada terbentuknya masyarakat madani yang sejahtera.

Hal tersebut menurutnya menjadi sangat penting sekaligus aktual apablila dikorelasikan dengan kondisi Kabupaten Sumedang hari ini yang dalam kaca matanya mengalamai degradasi, dekandensi dan demoralisasi dalam setiap aspek kehidupan sosial kemasyarakatan. Mulai dari budaya korupsi-kolusi-nepotisme yang semakin menguat dan menggurita dan cenderung menjadi.

Hal-hal tersebut di atas menjadi pekerjaan rumah besar bagi KNPI kepengurusan periode Areif, ketika pada kepengurusan sebelumnya cenderung tidak berhasil dilaksanakan. "Kami ingin membangun preseden bahwa KNPI ada berkat kinerja bukan oleh pencitraan" tegas Arief.

Dalam konteks di atas menurut Aief akan mengambil posisi kritis konstruktif, berjalan beriringan dalam kebenaran dan mengambil posisi berlawanan di kala stake holder pemerintahan Sumedang melakukan proses yang berlawanan dengan citra kedailan dan kontraproduktif bagi kemaslahatan masyarakat Sumedang.
(one)

 
© KNPI Jabar | Design by ONEJIE Edited from Blog template collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger